Sabtu, 29 Januari 2011

EVALUASI BELAJAR MENGAJAR FISIKA

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
(SAP)
NAMA MATA KULIAH : Evaluasi Belajar Mengajar Fisika
PROGRAM STUDI : Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fisika
SKS : 4 SKS
HARI/JAM PERKULIAHAN : Senin/10.00-11.40 ; Rabu/08.00-09.40
TEMPAT PERKULIAHAN : Ruang Kuliah PPG Fisika
Dosen : Aswin H.Mondolang

1. Tujuan Mata Kuliah :
Agar mahasiswa memiliki kemampuan dan ketrampilan untuk menyusun dan mengembangkan berbagai bentuk instrument evaluasi pembelajaran fisika di sekolah (SMP/SMA/SMK) yang sesuai dengan tuntutan kurikulum sekolah yang bersangkutan.
2. Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa calon guru profesional dalam pengembangan berbagai bentuk instrumen evaluasi pembelajaran fisika Sekolah Menengah (SMP, SMA) sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kegiatan dalam mata kuliah ini terfokus pada pemantapan latihan-latihan merancang dan menyusun instrumen evaluasi pembelajaran fisika SMP/SMA, sampai dengan menguji coba, menganalisis dan menginterpretasikan hasil evaluasi, berdasarkan pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh melalui kuliah evaluasi belajar mengajar Fisika.
3. Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami Sistem & Rancangan Penilaian Hasil Belajar serta mampu mengembangkan dan mengaplikasikan berbagai bentuk instrument Evaluasi Belajar Mengajar fisika.
4. Strategi Perkuliahan :
Agar sasaran mata kuliah ini dapat tercapai secara optimal, maka perkuliahan ini menggunakan strategi yang menekankan pada keterlibatan peserta kuliah (mahasiswa) secara aktif dalam mengkaji materi dan membahas tugas yang diberikan dan mengkomunikasikannya/ mempresentasikan dalam forum diskusi kelas.
5. Evaluasi :
Meliputi kehadiran (persyaratan mengikuti UAS) (10%) , keaktifan dalam perkuliahan (dinilai oleh teman sejawat) (10%) , Tugas tertulis perorangan dan kelompok (bobot 30%), UTS (bobot 20%), dan UAS (30%).
6. Sumber Bacaan/program (Rujukan) :
Utama :
1) BSNP., 2008. Pedoman Pengembangan Penilaian. Jakarta
2) BNSP., 2008. Rancangan Hasil Belajar, Jakarta
3) Kurikulum fisika (standar kompetensi) SMP,SMA yang berlaku
4) BNSP., 2010. Panduan Analisis Butir Tes, Jakarta
5) Software/program analisis dengan Kalkulator statistik, EXEL, ITEMAN
Penunjang :
6) Mardapi Djemari, 2008.Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cendekia, Yogyakarta
7) Djaali, 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Grasindo.Jakarta

--------------------------------------


PERT. MATERI BAHAN AJAR METODE TINDAK LANJUT/Produk
1 Rancangan Penilaian Hasil Belajar Pwr Point (s.b.2) + (s.b.2) Ceramah, Tanya jawab Mah. Mempelajari bhn ajar
2 Konsep Dasar Evaluasi BM Fisika Pwr Point (s.b.1) + (s.b.3) Ceramah, Tanya jawab
3 Penilaian berbasis kompetensi Naskah (s.b.1) Ceramah, Tanya jawab,
4 Teknik Penilaian Dan Prosedur Pengembangan Tes Naskah (s.b.1) Ceramah, Tanya jawab
5 Penyusunan Kisi-Kisi Dan Butir Soal Naskah (s.b.1) + (s.b.2) + (s.b.6) Ceramah, Tanya jawab Kisi-Kisi Penilaian
6 Penyusunan Kisi-Kisi Dan Butir Soal (lanjutan) Naskah (s.b.1) + (s.b.2) + (s.b.6) Resitasi Kisi-Kisi Penilaian
7 Perumusan Indikator soal, Penyusunan butir soal/tes Naskah (s.b.1) Ceramah, Tanya jawab Kartu-kartu soal
8 UTS
9 Penulisan Butir Soal Untuk Tes Perbuatan Naskah (s.b.1) + (s.b.2) + (s.b.6) Ceramah, Tanya jawab LP kinerja
10 Penulisan Butir Soal Untuk Instrumen Non-Tes Naskah (s.b.1) + (s.b.2) + (s.b.6) Ceramah, Tanya jawab
11 Penyusunan Butir Soal yang Menuntut Penalaran Tinggi Naskah (s.b.1) Ceramah, Tanya jawab
12 Perakitan Butir Soal Naskah (s.b.1) Ceramah, Tanya jawab
13 Prosedur Pemeriksaan Lembar Jawaban,
Perhitungan Nilai Akhir, Dan Penyetaraan Tes /Pengembangan Bank Soal Naskah (s.b.1) Ceramah, Tanya jawab
14 Validitas dan reliabilitas butir soal Pendekatan Klasik Ceramah/Praktikum
15 Validitas dan reliabilitas butir soal Pendekatan Modern Ceramah/Praktikum
16 UAS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar