Sabtu, 13 Agustus 2011

KONTRAK PERKULIAHAN EVALUASI BELAJAR MENGAJAR FISIKA

Nama Mata Kuliah: Evaluasi Belajar Mengajar Fisika
Program Studi : Pendidikan Fisika (PGSBI)
SKS : 3 SKS
Hari/Jam: Rabu/07.30-10.00
Tempat perkuliahan: Ruang Kuliah PPG Fisika

Oleh :
Drs.Aswin H.Mondolang,MPd
Dosen Pendidikan Fisika FMIPA UNIMA

1.Tujuan Mata Kuliah :
Agar mahasiswa memiliki kemampuan dan ketrampilan untuk menyusun dan mengembangkan berbagai bentuk instrument evaluasi pembelajaran fisika di sekolah (SMP/SMA/SMK) yang sesuai dengan tuntutan kurikulum sekolah yang bersangkutan.

2.Deskripsi Mata Kuliah :
Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa calon guru profesional dalam pengembangan berbagai bentuk instrumen evaluasi pembelajaran fisika Sekolah Menengah (SMP, SMA) sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kegiatan dalam mata kuliah ini terfokus pada pemantapan latihan-latihan merancang dan menyusun instrumen evaluasi pembelajaran fisika SMP/SMA, sampai dengan menguji coba, menganalisis dan menginterpretasikan hasil evaluasi, berdasarkan pengetahuan dan ketrampilan yang telah diperoleh melalui kuliah evaluasi belajar mengajar Fisika.

3.Standar Kompetensi :
Mahasiswa memahami Sistem & Rancangan Penilaian Hasil Belajar serta mampu mengembangkan dan mengaplikasikan berbagai bentuk instrument Evaluasi Belajar Mengajar fisika.

4.Strategi Perkuliahan :
Agar sasaran mata kuliah ini dapat tercapai secara optimal, maka perkuliahan ini menggunakan strategi yang menekankan pada keterlibatan peserta kuliah (mahasiswa) secara aktif dalam mengkaji materi dan membahas tugas yang diberikan dan mengkomunikasikannya/ mempresentasikan dalam forum diskusi kelas. Juga para mahasiswa diwajibkan menelusuri dan mengkaji berbagai sumber belajar melalui internet.

5. MATERI (POKOK) PERKULIAHAN
#Konsep-konsep Dasar Evaluasi Pendidikan (evaluasi, penilaian, pengukuran)
#Pengembangan Butir Soal (Indikator, kisi-kisi, Teknik penyusunan, bentuk soal)
#Analisis Butir Soal (kualitatif, kuantitatif: manual, exel, SPSS, iteman)

5.Evaluasi :
Meliputi kehadiran (persyaratan mengikuti UAS) (10%) , keaktifan dalam perkuliahan (dinilai oleh teman sejawat) (10%) , Tugas tertulis perorangan dan kelompok (bobot 30%), UTS (bobot 20%), dan UAS (30%).

6. Sumber Bacaan/program (Rujukan) :
Utama :
1)BSNP., 2008. Pedoman Pengembangan Penilaian. Jakarta
2)BNSP., 2008. Rancangan Hasil Belajar, Jakarta
3)Kurikulum fisika (standar kompetensi) SMP,SMA yang berlaku
4)BNSP., 2010. Panduan Analisis Butir Tes, Jakarta
5)Software/program analisis dengan Kalkulator statistik, EXEL, ITEMAN
Penunjang :
1)Djaali, 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Grasindo.Jakarta
2)Mardapi Djemari, 2008.Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cedekia, Yogyakarta

--------------------------------------


Tidak ada komentar:

Posting Komentar