Kamis, 02 Oktober 2014

Soal Ujian Mid Semester Statistika Dasar

UJIAN TENGAH SEMESTER
M.K.STATISTIKA DASAR

Jawablah soal-soal berikut dengan cara mencoret jawaban yang salah yang terdapat diantara tanda [   ]. Contoh: 4 adalah hasil dari: [2+2; 3+2; 1x3]
1.       Sejumlah informasi yang dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan, atau masalah baik yang berbentuk angka-angka maupun yang berbentuk kategori atau keterangan adalah: [Data; Statistik; Statistika]
2.       Ilmu atau metode (cara), untuk mengumpulkan data, mengolah, menyajikan, menganalisis/menginterpretasi data, dan menarik kesimpulan berdasarkan data adalah: [Statistik; Statistika; Penelitian].
3.       Kumpulan fakta yang berbentuk angka-angka yang disusun dalam bentuk daftar atau tabel yang menggambarkan suatu persoalan adalah: [Data; Statistik; Statistika].
4.       Data yang terpampang di kantor Fakultas seperti jumlah mahasiswa per jurusan pada tahun akademik 2004 s.d. 2012 termasuk: [data kuantitatif;   data kualitatif].
5.       Data jumlah mahasiswa yang berprestasi dalam olimpiade fisika yang diselenggarakan oleh panitia dies natalis universitas Negeri Manado termasuk: [data kuantitatif; data kualitatif].
6.       Statistika yang berkenaan dengan pengumpulan, pengolahan, penganalisaan dan penyajian sebagian atau seluruh data (pengamatan) tanpa pengambilan keputusan adalah: [statistika deskriptif; statistika inferensial; statistika parametrik; statistika non parametrik].
7.       Statistika yang berkenaan dengan pengambilan kesimpulan atau membuat generalisasi, prediksi dari data yang sedikit (sampel) untuk data yg lebih banyak (populasi) adalah: [statistika deskriptif; statistika inferensial; statisitka parametrik; statistika non parametrik].
8.       Seorang peneliti ingin mengetahui jumlah kursi kuliah yang terdapat dalam suatu Fakultas. Menurut sifatnya data yang akan diperolehnya  adalah: [data diskrit; data kontinu].
9.       Seorang mahasiswa ditugaskan oleh dosennya untuk mengumpulkan data tinggi badan dari seluruh teman-teman sekelasnya. Menurut sifatnya data yang akan diperolehnya  adalah: [data diskrit; data kontinu].
10.    Data yang diperoleh seorang peneliti dengan menggunakan instrumen penelitian yang dikembangkannya, maka menurut cara mengumpulkan  data tersebut akan mendapatkan: [data primer; data sekunder].
11.    Seorang peneliti ingin mengadakan penelitian dengan menggunakan data yang diperolehnya dari kantor Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Data yang diperolehnya termasuk:  [data primer;  data sekunder].
12.    Data penelitian yang sifatnya kategori atau atribut (misalnya: jenis kelamin, jenis pekerjaan) skala pengukurannya termasuk pada: [skala nominal; skala ordinal; skala interval; skala ratio].
13.    Dalam suatu tes hasil belajar, Si A memperoleh skor  85, B memperoleh skor 75, dan C memperoleh skor 90. Kalau dirangking berurut I, II, III maka urutan rangkingnya adalah C, A, B. menurut skala pengukurannya termasuk pada: [skala nominal; skala ordinal; skala interval; skala ratio].
14.    Skor hasil belajar merupakan contoh dari: [skala nominal; skala ordinal; skala interval; skala ratio].
15.    Data jumlah mobil yang masuk kampus dalam sehari merupakan contoh dari: [skala nominal; skala ordinal; skala interval; skala ratio].
16.    Seluruh anggota dari suatu komunitas yang akan diteliti disebut: [Populasi; Sampling; Sampel; Sensus].
17.    Cara mengumpulkan data pada sebagian anggota dari suatu komunitas yang akan diteliti disebut: [Populasi; Sampling; Sampel; Sensus].
18.    Instrumen penelitian yang dikembangkan oleh seorang peneliti berupa sejumlah pernyataan yang akan dijawab oleh responden dengan menentukan sikapnya dengan cara memberi skor 5, 4, 3, 2, 1 dikenal sebagai bentuk skala: [Likert; Guttman; Semantik differensial; Rating scale].
19.    Mean, median, dan modus termasuk dalam ukuran: [tendensi sentral; tendensi penyebaran].
20.    Varians dan simpangan baku (standar deviasi) termasuk dalam ukuran: [tendensi sentral; tendensi penyebaran].

----------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar