Jumat, 16 April 2010

Perencanaan Pembelajaran Fisika

SILABUS

Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran Fisika
Kode Mata Kuliah :
SKS : 3 SKS
Dosen : Aswin H.Mondolang
Jurusan/Prodi : Fisika / Pendidikan Fisika
Prasyarat : Sudah menempuh mata kuliah :
Strategi Belajar Mengajar
Evaluasi Belajar Mengajar
Waktu Perkuliahan : Kamis, pkl.10.00 – 12.30

Tujuan Mata Kuliah :
Agar mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyusun dan mengembangkan program pengajaran fisika di sekolah (SMP/SMA/SMK) yang sesuai dengan tuntutan kurikulum sekolah yang bersangkutan.

Deskripsi Mata Kuliah
Perkuliahan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kompetensi dalam mengembangkan program pembelajaran fisika sebagai sintesis kemampuan yang telah dikembangkan dalam perkuliahan sebelumnya. Perkuliahan mata kuliah ini dirancang dalam 4 (empat) scenario pembelajaran, (1) kegiatan perkuliahan diarahkan untuk membangun pemahaman mahasiswa mengenai disain instruksional dan konsep-konsep yang berkaitan dengan perencanaan pembelajaran; (2) kegiatan perkuliahan lebih diarahkan dalam kegiatan mendapatkan data dari lapangan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa mengenal situasi nyata di sekolah, dengan menugaskan berkunjung dan mewawancara personalia sekolah khususnya guru fisika untuk mendapatkan program-program pembelajaran sebagai referensi sekaligus untuk dianalisis berdasarkan kajian teori dan konsep-konsep yang dipelajari dan dipahami; (3) latihan-latihan sebagai bentuk pengembangan dari pemahaman yang diperolehnya untuk membangun kompetensi mahasiswa dalam membuat program pembelajaran mata pelajaran/bidang studi fisika meliputi latihan terbatas menyusun program semester, Silabus, rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan LKS untuk beberapa topik atau pokok bahasan bidang studi fisika SMP/SMA/SMK sesuai dengan kurikulum yang berlaku; dan (4) Kegiatan perkuliahan dalam bentuk simulai program pembelajaran yang dikembangkan dalam scenario 3 dalam kelas, dan menganalisis keterlaksanaannya, dan tindak lanjutnya untuk perbaikan. Penilaian hasil belajar mahasiswa dalam perkuliahan ini meliputi aspek partisipasi mahasiswa dalamperkuliahan, kegiatan kelas penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan, laporan analisis hasil observasi lapangan, penyusunan program semester, Silabus, dan RPP+LKS, simulasi dalam menerapkan program pembelajaran, UTS dan UAS (laporan tertulis Program Semester, Silabus, RPP, dan LKS.


Pengalaman Belajar :

Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan dalam kegiatan :
a. Perkuliahan teori tentang perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi.
b. Pengumpulan dan analisis data lapangan yang berkaitan dengan penyusunan program semester, silabus, dan RPP di SMP/SMA/SMK.
c. Simulasi mengajar sesuai dengan RPP yang telah disusun.


Evaluasi Hasil Belajar :

Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :
a. Partisipasi kegiatan kelas (10%) (Tidak aktif = 0; Cukup Aktif = 1; Aktif = 2; Sangat aktif = 3); Sangat aktif sekali = 4)
Ket : TA : selama semester (14x perkuliahan) tidak pernah berpendapat
CA: 1 - 3 dari 14 x pertemuan pernah berpendapat
A : 4 - 7 dari 14x pertemuan pernah berpendapat
SA: 8 - 11 dari 14x pertemuan pernah berpendapat
SAS: 12-14 dari14x pertemuan pernah berpendapat
Penilaian aspek ini dinilai oleh Anda sendiri melalui format yang akan disiapkan secara khusus.
b. Laporan analisis hasil observasi dari SMP/SMA/SMK (10 %) (Tidak ada =0; Cukup baik= 1; Baik = 2; Sangat Baik = 3; Sangat baik sekali = 4)
c. Penyusunan Program semester1, Silabus2, dan RPP3+LKS4 (20%)
(Tidak ada =0; ada 1 komponen = 1; ada 2 komponen = 2; ada 3 komponen = 3; ada 4 komponen = 4)
d. Simulasi dalam menerapkan program pembelajaran dengan menggunakan RPP3 (butir c) (20%) (tidak tampil = 0; tidak sama RPP= 1; cukup sesuai mengikuti RPP = 2; sesuai mengikuti RPP= 3; sangat sesuai RPP = 4);
e. UTS (20%)
f. UAS (20%) berupa laporan kelompok (terbagi dalam 6 kelompok=6 semester SMP/SMA=nilai kooperatif)
g. Nilai akan diumumkan dengan syarat minimal kehadiran 80%

POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN :
I) Penyampaian silabus perkuliahan dan menggali data mengenai tipe pemikiran peserta perkuliahan untuk dijadikan dasar dalam menyiasati strategi perkuliahan. Sesuai dengan apa yang dikemukakan dalam silabus, pada pertemuan ini dikemukakan pula tujuan, ruang lingkup, strategi perkuliahan, penjelasan tentang tugas yang harus dilakukan mahasiswa, ujian yang harus diikuti termasuk jenis soal dan cara menyelesaikan/menjawab pertanyaan, dan sumber-sumber.
II) Pendekatan system dan Model-Model Desain Instruksional
a. Pendekatan sistem
b. Model Bela H. Benathy
c. Model PPSI
d. Model Kemp
e. Model Gerlach & Elly
f. Model IDI
g. Model Briggs
h. Model Dick & Carey
i. Model Dick & Kemp
III) Hakekat Perencanaan Pembelajaran.
a. Pengertian perencanaan & Perencanaan pembelajaran.
b. Karakteristik dan Dimensi Perencanaan Pembelajaran
c. Muatan perencanaan pembelajaran
d. Tujuan & Manfaat perencanaan pembelajaran
e. Produk Perencanaan Pembelajaran
IV) Analisis kurikulum operasional
a. Analisis silabus
b. Analisis RPP
V) Teknik Penulisan Bahan Ajar & Latihan Penulisan salah satu bentuk Bahan Ajar
VI) Pengembangan Perencanaan Pembelajaran
Mengembangkan Silabus dan RPP dengan komponen-komponen brkt:
a. Pengembangan kompetensi dasar
b. Pengembangan Pengalaman Belajar dan scenario pembelajaran
c. Pengembangan Indikator keberhasilan belajar
d. Pengembangan jenis penilaian
e. Penentuan alokasi waktu
f. Penetapan Materi Pembelajaran dan Sumber belajar
g. Pengembangan Media/alat pembelajaran
h. Pengembangan alat evaluasi (kognitif, afektif,psikomotor)
VII) Pengembangan Perencanaan Pembelajaran (lanjutan)
VIII) Ujian Tengah Semester (UTS)
IX) Simulasi Perencanaan Pembelajaran dan Analisis keterlaksanaannya
X) Simulasi Perencanaan Pembelajaran dan Analisis keterlaksanaannya
XI) Simulasi Perencanaan Pembelajaran dan Analisis keterlaksanaannya
XII) Simulasi Perencanaan Pembelajaran dan Analisis keterlaksanaannya
XIII) Simulasi Perencanaan Pembelajaran dan Analisis keterlaksanaannya
XIV) Simulasi Perencanaan Pembelajaran dan Analisis keterlaksanaannya
XV) Simulasi Perencanaan Pembelajaran dan Analisis keterlaksanaannya
XVI) Ujian Akhir Semester (UAS)

Komunikasi :
Telepon : (0431)832126/HP.081356024343
e-mail : aswinmondolang@yahoo.co.id
Facebook :aswin mondolang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar